Dasar Pemasaran 1 (Individual)
Konsep Orientasi Perusahaan
Sebutkan contoh konsep orientasi perusahaan berikut ini !
- Konsep Produksi
- Konsep Produk
- Konsep penjualan
- Konsep Pemasaran
- Konsep Pemasaran Holistik
Berikut adalah contoh konsep orientasi perusahaan beserta penjelasannya !
- Konsep Produksi
Konsep ini berfokus pada efisiensi proses produksi dan distribusi. Perusahaan yang menganut konsep produksi beranggapan bahwa konsumen menyukai produk yang menjangkau dan bersedia dalam jumlah banyak. Contoh perusahaan yang menganut konsep produksi adalah perusahaan konveksi yang berfokus pada jumlah produk dan harga yang murah.
- Konsep Produk
Konsep ini berfokus pada kualitas produk dan memenuhi permintaan konsumen. Perusahaan yang menganut konsep produk beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk yang berkualitas, berguna, dan memiliki fitur yang bermanfaat. Contoh perusahaan yang menganut konsep produk adalah perusahaan elektronik asal Amerika Serikat yang kini sudah mendunia.
- Konsep Penjualan
Konsep ini membantu perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Perusahaan yang menganut konsep penjualan mengejar pelanggan agar bisnis dapat bertahan. Contoh perusahaan yang menganut konsep penjualan adalah perusahaan yang menargetkan penjualan dan pemasaran Produk secara bersamaan.
- Konsep Pemasaran
Konsep ini digunakan untuk memaksimalkan keuntungan dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengalahkan kompetitor fokusnya adalah memahami kebutuhan pelanggan untuk menciptakan hubungan yang menguntungan antara pelanggan dan perusahaan. Contoh perusahaan menganut konsep pemasaran adalah perusahaan yang menentukan kebutuhan konsumen untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan perusahaan.
- Konsep Pemasaran Holistik.
Konsep ini menggunakan semua aspek bauran pemasaran, termasuk periklanan promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Tujuannya adalah untuk merekrut, melatih, serta memotivasi karyawan agar bisa melayani konsumen dengan baik. Contoh perusahaan yang menganut konsep pemasaran holistik adalah perusahaan yang menyelaraskan produk dengan kondisi dan kebutuhan pasar.
Sumber :
- logique.co.id
- finance.detik.com
- niagahoster.co.id
- kompas.com
- bigevo.com
Nama : Kurnia Yuval Adwitiya
Kelas : 1EA34
NPM : 10223918
Komentar
Posting Komentar