Dasar Pemasaran

Tugas Individu

Konsep Orientasi Perusahaan


Sebutkan contoh konsep orientasi perusahaan berikut ini !

- Konsep Produksi

- Konsep Produk

- Konsep penjualan 

- Konsep Pemasaran

- Konsep Pemasaran Holistik


Berikut adalah contoh konsep orientasi perusahaan beserta penjelasannya !


- Konsep Produksi

Konsep ini berfokus pada efisiensi proses produksi dan distribusi. Perusahaan yang menganut konsep produksi beranggapan bahwa konsumen menyukai produk yang menjangkau dan bersedia dalam jumlah banyak. Contoh perusahaan yang menganut konsep produksi adalah perusahaan konveksi yang berfokus pada jumlah produk dan harga yang murah.


- Konsep Produk

Konsep ini berfokus pada kualitas produk dan memenuhi permintaan konsumen. Perusahaan yang menganut konsep produk beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk yang berkualitas, berguna, dan memiliki fitur yang bermanfaat. Contoh perusahaan yang menganut konsep produk adalah perusahaan elektronik asal Amerika Serikat yang kini sudah mendunia.


- Konsep Penjualan 

Konsep ini membantu perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Perusahaan yang menganut konsep penjualan mengejar pelanggan agar bisnis dapat bertahan. Contoh perusahaan yang menganut konsep penjualan adalah perusahaan yang menargetkan penjualan dan pemasaran Produk secara bersamaan.


- Konsep Pemasaran 

Konsep ini digunakan untuk memaksimalkan keuntungan dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengalahkan kompetitor fokusnya adalah memahami kebutuhan pelanggan untuk menciptakan hubungan yang menguntungan antara pelanggan dan perusahaan. Contoh perusahaan menganut konsep pemasaran adalah perusahaan yang menentukan kebutuhan konsumen untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan perusahaan.


- Konsep Pemasaran Holistik. 

Konsep ini menggunakan semua aspek bauran pemasaran, termasuk periklanan promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Tujuannya adalah untuk merekrut, melatih, serta memotivasi karyawan agar bisa melayani konsumen dengan baik. Contoh perusahaan yang menganut konsep pemasaran holistik adalah perusahaan yang menyelaraskan produk dengan kondisi dan kebutuhan pasar. 


Sumber :

- logique.co.id

- finance.detik.com

- niagahoster.co.id

- kompas.com

- bigevo.com 


Nama : Kurnia Yuval Adwitiya 

Kelas : 1EA34

NPM : 10223918


Tugas Kelompok

Contoh Properti dalam Dasar Pemasaran


Sebutkan dan Jelaskan contoh-contoh dari Properti dalam Dasar Pemasaran !


- Rumah

Rumah merupakan jenis properti paling populer dan sering dijadikan intrumen investasi yang cukup menjanjikan. Namun ingat, ada plus-minusnya jika Anda berinvestasi rumah. Selain dapat disewakan atau dijual sebagai hunian tinggal para calon penyewa atau pembeli, bangunan rumah juga sangat potensial untuk mendatangkan untung yang cukup besar sebagai tempat kos atau penginapan low budget bagi para mahasiswa atau karyawan muda. Terlebih jika lingkungan sekitar properti Anda relatif dekat dan terjangkau dengan lokasi kampus dan perkantoran.


- Apartemen

Menjamurnya pembangunan hunian vertikal di lingkungan perkotaan justru menarik minat para masyarakat urban khususnya kaum milenial untuk memilih tinggal di apartemen. Ada beberapa faktor yang menjadi acuan Anda berinvestasi apartemen. Ketimbang tinggal di kompleks perumahan, membuat apartemen semakin diminati dan memiliki pasar yang cukup tinggi. Alasannya selain lebih strategis dan terjangkau dari segi lokasi, apartemen juga dinilai lebih praktis dan cocok bagi para lajang dan keluarga kecil.


- Tanah

Membeli sebidang lahan atau tanah kosong bisa menjadi pilihan investasi properti yang tepat bagi para pemula. Pemanfaatannya pun juga sangat luas dan tidak terbatas, karena belum didirikan bangunan apapun di atasnya. Mulai dari dijadikan lahan perkebunan atau lahan parkir berbayar hingga dibangun menjadi rumah atau jenis bangunan lainnya, semuanya bisa dilakukan menjadi prospek bisnis yang menarik. Namun, pastikan tanah yang Anda beli itu terdaftar dan memiliki sertifikat asli.


- Gudang

Gudang atau disebut juga warehouse adalah tempat penerimaan, penyimpanan sementara dan persediaan part, material dan barang yang akan dipakai untuk kebutuhan produksi atau support produksi. Di kawasan industri, ritel, hingga komersial, gudang menjadi salah satu jenis properti yang layak dibidik sebagai investasi.


- Ruko

Investasi properti di bidang ruko atau rukan ternyata juga dapat memberikan profit yang cukup fantastis untuk disewakan. Apalagi jika lokasinya strategis, pasti akan jadi incaran para pelaku bisnis yang ingin membuka usaha sebagai toko, kafe, atau kantor.


- Gedung

Gedung bisa disebut sebagai properti campuran. Menurut KBBI, gedung adalah bangunan tembok dan sebagainya yang berukuran besar sebagai tempat kegiatan, seperti perkantoran, pertemuan, perniagaan, pertunjukan, olahraga, dan sebagainya.


Nama Kelompok : 


1. Ananda Anisa Nurhidayah (
10223208)

2. Kurnia Yuval Adwitiya (10223918)

3. Tengku Firmansyah (11223859)

4. Tita Luvena (11223879)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Pemasaran 1 (Individual)

Dasar Pemasaran 2 (Kelompok)